PERBEDAAN PROCESSOR INTEL DAN AMD (1)

ADVANCED MICRO DEVICES (AMD)
Pentium – pentium AMD bersaing ketat dengan intel, utamanya dari segi kecepatan dan harga. AMD menggunakan teknologi mereka sendiri sehingga processornya bukan merupakan clone dan tiruan dari intel. pada generasi ini persaingan antar produsen processor semakin hebat, dimana tiap-tiap produsen terus menerus mengeluarkan inovasi dan produk terbaik mereka yang terus bersaing, baik dari segi kecepatan maupun harga. Processor yang di keluarkan AMD adalah :
- AMD K5 yang menggunakan rating dari Pentium dan dapat disamakan dengan Pentium classic (P54C) dari intel. PR133 dan PR166 berharga jauh lebih murah dari jenis Pentium yang sebanding.
- Pada generasi ke enam AMD mengenalkan AMD K6-3 yang merupakan K6 model 9 yang mungkin mempunyai cache tiga tingkat. Kecepatan processor ini adalah 400 MHz dan 450 MHz.
- Pada generasi ke tujuh ini, processor AMD utama yang sangat menggemparkan, athlon (K7) diperkenalkan agustus 1999. Athlon dapat mengungguli Pentium III pada frekuensi yang sama. Athlon menggunakan soket khusus (slot A) dalam pemasangannya karena AMD tidak memiliki lisensi untuk menggunakan rancang bangun Slot 1, sehingga rangkaian logika controller dating dari Digital Equipment Corp.
Spesikasi Athlon adalah :
• Memiliki clock 600 MHz pada versi pertama.
• Memiliki cache L2 mencapai 8 Mb (minimum 512 Kb)
• Memiliki cache L1 sebesar 128 Kb
• Berisi 22 juta transistor (Pentimum III mempunyai 9,3 juta transistor)
• Memiliki kecepatan ram hingga 200 MHz (peningkatan hingga 400 MHz) diharapkan kemudian)
• Dapat menangani dan menyusun kembali hingga 72 perintah secara serentak (Pentium III dapat melakukan 40)
• Untuk kerja FPU yang hebat dengan tiga perintah serentak dan satu GFLOP pada 500 MHz (1 milyar perintah bilangan floating point tiap detik) dengan 80 bit bilangan floating point.
Previous
Next Post »