Cara Setting Virtual Access Point Wireless MikroTik

Cara setting Virtual Access Point (VAP) digunakan untuk menambahkan Access Point tambahan. Anda bisa membuat AP baru dengan SSID dan mac-address yang berbeda dalam 1 fisik interfaces wireless. Anda bisa membuat sampai 128 virtual access point per 1 interface wireless.
Mungkin anda sudah mengetahui cara setting wireless akses point di mikrotik, disini kita akan mengembangkan dan memanfaatkan salah satu fitur di mikrotik yaitu Virtual Access Point.
Kapan harus menggunakan Virtual AP ?
Saat anda kekurangan slot atau wireless interface. Virtual AP bisa membuat 1 interface wireless dengan service yang berbeda-beda. Serta memungkinkan beberapa fungsi di fisik yang sama. Contohnya, setting virtual access point di 1 interfaces wireless untuk 2 fungsi,  1 VAP untuk hotspot dan 1 VAP lainnya untuk wifi akses point internal kantor.
Kenapa menggunakan Virtual AP ?
Menguntungkan karena kita hanya menggunakan 1 interface wireless untuk banyak layanan atau fungsi. Ini bekerja seperti “VLAN”, tapi ini di interfaces wireless. Setiap virtual AP mempunyai IP address dan SSID sendiri-sendiri. Dan pastinya kita bisa mengurangi budget untuk membangun beberapa infrastruktur wireless.

Cara Setting Virtual Access Point

Sekarang kita melanjutkan bagaimana cara setting virtual access point di mikrotik menggunakan winbox. Contoh di bawah ini adalah dasar cara setting  beberapa VAP di 1 interface wireless mikrotik.
Pertama, klik menu di winbox “Wireless >> tab Interfaces >> klik +” >> pilih VirtualAP
virtual access point mikrotik 1 Cara Setting Virtual Access Point Wireless MikroTik
Kedua, saat jendela “New Interfaces” muncul, klik tab “Wireless
virtual access point mikrotik 3 Cara Setting Virtual Access Point Wireless MikroTik
Pada kolom SSID isi nama akses point Anda, contohnya VAP1 atau sesuai kebutuhan. Kemudian Klik OK. Ulangi untuk membuat virtual AP tambahan lainnya, contoh disini saya buat beberapa SSID dalam 1 interface wireless. Di master fisik wireless SSID = MIKROTIK dan saya setting 5 Virtual AP SSID = VAP1 sampai VAP5. Lihat di wireless table sekarang :
virtual access point mikrotik 4 Cara Setting Virtual Access Point Wireless MikroTik
Terlihat pada gambar saya sudah membuat 1 SSID utama dan 5 Virtual AP SSID. Sekarang coba anda Scan WiFi dari laptop Anda, akan muncul beberapa wireless akses point seperti gambar dibawah :
virtual access point mikrotik 5 Cara Setting Virtual Access Point Wireless MikroTik
Pada contoh di atas adalah dasar atau pengertian bagaimana setting virtual access point di mikrotik bekerja. Sekarang saya akan coba mencontohkan salah satu skenario dalam membuat virtual AP di mikrotik.
Previous
Next Post »